Lebih dari sekedar destinasi

Jumat, 02 November 2018

Kawah Ijen: Bau Belerang Tak Kunjung Hilang

Minggu, 17 Desember 2017

Kita telat dibangunin Mas Agus! Akhirnya buru-buru, dan kita jadi peserta yang paling telat haha. Didalem mobil, kita duduk paling belakang. Trus gak ada bule-bule. Orang lokal semua. Total kita ber-7 sama supirnya. Yaudah selama di jalan kita bisik-bisik ngobrol, cekikikan. Kayak gatau diri, udah telat, berisik lagi! Sampe sana, kita tunggu di Paltuding, sambil dibagiin senter, masker, tongkat (kalo mau), aqua, dan di briefing bentar sama pendamping kita di Ijen. Mangara juga sekalian beli tolak angin buat kita. Sekitar jam 2 kita baru mulai jalan.

Yauda selama di jalan sih gue sering ngajak dia berhenti. Walau ternyata ga sesering yang gue pikir sih. Setidaknya gue melihat masih ada beberapa peserta lain yang lebih lemah dari gue, bahkan harus sampe bayar ‘taksi’ alias angkutan gerobak gitu buat sampe ke atas. Ternyata, jalan menuju ke atas udah lumayan rapi dan medannya ga terlalu berat. Dia bilang, “Jangan banyak minum. Sisain buat nanti di atas”. Nah pas dari atas gunung mau turun buat ngeliat bluefirenya, kita terpisah. Yaudah akhirnya gue turun sendiri, mana medannya batu-batuan lagi. Gue ngerasa turunnya lebih parah daripada naik tadi. Ohiya, kita juga harus pake masker penyaring asap, kalo masih sayang sama paru-paru kita. Setelah beberapa menit, kita ketemu lagi. Nah, kita lama tuh di bawah, sampe pagi. Foto-foto, ganti-ganti spot. Ngotak-ngatik kamera. Istirahat.

Disana banyak yang jual aksesoris Ijen, yang terbuat dari belerang. Bahkan gue dikasih patahan belerang sama para pekerja disana! Ini fotonya, beserta 2 permen Apenliebe yang sengaja gue sisain buat kenang-kenangan haha.

Yauda akhirnya kita bisa sampe di pos paltuding lagi. DAN KITA LEWAT 1 JAM dari waktu meeting point kita yang udah direncanain HAHAHA. Kesepakatan jam 7, kita sampe Paltuding jam 8. Jadi pas udah di Paltuding, dia ke WC dan gue ke warung yang semalem. Rencananya mau nunggu dia gitu. Eh pas gue masih jalan kesitu sambil bawa tas dia yang berat itu, gue dipanggilin sama supir kita. Udah ditungguin, dicariin wkwkwk. Rombongan kita yang lain pun udah sampe duduk-duduk nunggu sambil ngopi di warung yang lain. Maapkeun ya semua. Akhirnya setelah dia selesai dari toilet, gue panggil dia dan langsung masuk mobil. Abis itu kita ke air terjun coban apatau lah namanya, tapi begitu mendengar kalo disitu trekking lagi, gue ga ikut, mau di mobil aja, nungguin. Tapi Mangara tetep masuk ke situ.

Eh, pas nunggu, lama-lama gue ngerasa panas banget didalem mobil. Akhirnya gue keluar, makan indomie sama beli coca cola di warung. Eh pas lagi makan, Mangara dan rombongan kita keluar dari area air terjun itu, sambil bilang, “Yeee.. malah makan indomie dia”. Haha, untung gak lama-lama banget.

Abis itu kita di drop di penginapan kita. Buset, capek euy! Kita langsung beres-beres dan mandi. Setelah itu kita pamit sama Mas Agus, dan pesen Grab menuju ke Villa Bukit Mas, balikin kamera sama tripod (yang ternyata tripodnya ga kita pake).

Pas di dalem Grab, masnya nanya “Abis dari Ijen ya?“ trus kita bilang, “Iya, kok tau mas?” dan masnya bilang ”Ya ketauan kan dari bau belerang kalian. Walau udah ganti baju kan tetep kerasa, apalagi tas, kamera dan barang-barang kalian kan bau belerang juga haha”. Ohiya bener juga wkwk.

Abis balikin kamera, kita pesen Grab lagi ke Terminal Brawijaya. Nah pas perjalanan itulah kita baru keliling kota Banyuwangi. Yaampun, sepi banget kotanya. Trus kita dituruninnya di indomaret depan terminal. Kita beli perbekalan dulu, barulah naik bus.

Ohiya, dari Banyuwangi ga ada bus langsung ke Malang, jadi kita oper bus. Dari Banyuwangi-Probolinggo abis itu Probolinggo-Malang. Pas turun di Probolinggo, sendal gue ilang! Setelah Mangara dan kenek mencari, ternyata ketemu di bawah kursi sopir haha, iya saat itu kita duduk di paling depan. Abis itu kita sampe di Arjosari sekitar jam 4-5 pagi. Dia anter gue ke kosan, sekalian minta foto-foto Banyuwangi. Lama dia nunggu, soalnya saat itu tiba-tiba laptop gue ke-UPDATE. Lama banget kan. Dia sampe bilang, “Gue disini dari gelap sampe terang”.