Lebih dari sekedar destinasi

Sabtu, 27 Oktober 2018

Libur Lebaran = #LostInMadura

“Mbak, maaf ternyata kapal untuk tanggal 23-25 Juni 2017 tidak berangkat karena lebaran, apa mau diganti hari lain?”
Itulah chat dari salah satu tour guide Karimun Jawa, yang tournya sudah kita (gue dan Mangara) booking.
Kitapun udah bayar DP sebesar 400 ribu untuk 2 orang.
“Oh yaudah mas, diganti jadi bulan depan aja ya.” Balas gue.

Setelah itu kita berpikir, di tanggal itu harus tetap pergi ke suatu tempat, karena sayang kalau hari libur ga dimanfaatin, masa ga kemana-mana. Akhirnya tercetuslah ide untuk berkunjung ke Madura!

Kita berangkat pagi dari Malang. Malem sebelumnya, kita ambil mobil di rental. Jam 6, Alfian sama Tabita udah di kos gue, mereka bawa banyak banget barang kayak mau pindahan. Ohiya, kenapa tiba-tiba ada mereka?! Gini, begitu mereka tau gue mau ke Madura naik mobil, mereka minta nebeng dan diturunin di Surabaya.

Pas Mangara udah didepan kos, dia bilang “Uber udah didepan mba”. Disitu Mangara dan Alfian pertama kali kenal. Di jalan, obrolan kita berempat mengalir gitu aja. Gue bawa flashdisk yang isinya lagu-lagu kesukaan gue. Perjalanan berlangsung lancar.
Pertama-tama kita anter Bita ke rumahnya (di Waru), setelah itu anter Alfian (Di Surabaya, rada jauh sih tapi dekat jembatan Suramadu). Dan pas Alfian sampe rumahnya, dia bilang, “Makasih ya! Eh Mang nanti kamu cek kantong jaketmu ya” (jadi Mangara naro jaketnya di jok belakang). Eh pas diliat ada 50 ribu wkwk. Lumayan buat bensin. Disitu Alfian ninggalin botol minumnya juga. KITA BENER-BENER KAYAK TRAVEL DAH, ANTER JEMPUT SAMPE RUMAH MASING-MASING.
Nah pagi itu kita laper banget, tapi kita mutusin makannya di Madura aja. Nah, perjalanan dari Surabaya ke Madura harus ngelewatin tol Suramadu, yang bagus banget! Saat itu, untuk mobil tarifnya Rp 15.000,-.
Oke, setelah sampe Madura kita cari restoran. Dan ternyata, restoran yang kita kunjungin adalah restoran yang gue kunjungin juga pas ke Madura tahun 2011! Gue baru menyadarinya pas liat tempat cuci tangannya. Kayak pernah gue foto gitu. Sempit banget Madura. Tapi enak banget gue rasa, entah karena gue laper, atau emang enak. Murah juga lagi.
Yaudah abis itu kita cao menuju Bukit Jaddih. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah penambangan batu kapur putih. Jalanan menuju Bukit Jaddih itu sepi banget. Hutan semua. Tapi di balik hutan-hutan itu tiba-tiba ada rumah-rumah kecil! Yeee sembunyi banget dah. Trus akhirnya sampe deh di tujuan. Kita cari tempat parkir yang punya pemandangan bagus. Tiket masuk 1 orang Rp 3.000,-, mobil Rp 10.000,-. Dan kita harus bayar parkir lagi sebesar Rp 10.000,- (ini kayaknya karena kita masuk ke area deket danau itu gak sih?). Oh iya, hati-hati ya selama disana, jalanannya juga dari kapur kan. Dan komentar dia, “Lah? Gini doang?”. Makanya, kalo kemana-mana ekspektasinya jangan tinggi duluan, padahal kalo di foto kan bisa bagus haha. Akhirnya yaudah selama disana kita foto-foto aja, karna emang kayaknya ga ada yang bisa dilakuin lagi.



Oh iya, kita bisa sewa sampan sih kalo mau, tapi kita ga ngelakuin itu.


Kita juga sempet minta difotoin sama mas-mas Madura. Terus udah gaya, udah bilang makasih, eh pas diliat taunya ga kepotret! Yeee gimana sih mas! Haha. Akhirnya kita minta ulang ke mas yang sama, sambil mastiin dia ngeklik tombol potretnya.

Trus abis dari situ tentu saja kita mau ke arah Surabaya. Tapi pas mau kearah Surabaya, bener-bener deh kita tersesat. Kita tuh nanya ke banyak orang, eh ditunjukinnya beda-beda! Kayak diputer gitu. Dasar sesat wkwk. Itu bener-bener ngabisin bensin dan waktu ya, padahal di Surabaya rencananya mau ke beberapa spot foto (yang sebenernya emang kita juga gatau arah kesananya). Akhirnya terciptalah hastags dari kita: #lostinbangkalan #lostinmadura wkwkwk. Udah sore tuh, akhirnya ga jadi deh nyari spot foto lainnya. Kita jadinya ke Tunjungan Plaza aja. Tapi mengingat itu H-2 lebaran, bisa dibayangkan, 'kan? Betapa ramenya mal itu. Kita sampe 1 jam sendiri nyari parkir di basement! Udah gatau deh berapa lantai yang kita naikin! Yauda akhirnya kita masuk, buset rame banget. Lautan manusia. Kita makan Texas di Foodcourt. Kayaknya waktu nyari parkir kita lebih lama dari waktu makan kita deh. Terus yauda kita pulang, agak malem sih. Jam 8 ya kalo gasalah?! Di jalan pun macet. Iyalah, jumat malem, long weekend, mau lebaran lagi. Sampe kita telat balikin mobilnya dan akhirnya kena denda deh haha. Jam 12 malem gitu kayaknya kita baru balikin.
Sampai jumpa di liburan berikutnya!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar