Lebih dari sekedar destinasi

Sabtu, 04 Maret 2017

Day 1: Minggu, 15 Januari 2017. KLIA2 – MELAKA (Jonker Street, Stadthuys, Malacca River)

Sekitar jam 1.30 gue baru sampe di Bekasi, setelah perjalanan jauh-nan-lama naik kereta dari Malang-Bekasi 13 jam. Sebelum sampe rumah, gue, papa gue, dan Marchell sempetin ke Alfamart buat beli snack2 gitulah. Akhirnya sampe rumah cuma tersisa waktu 2 jam buat numpang packing, tidur-tiduran, mandi, makan, dan ambil duit. Iya, duitnya ditukerin siangnya sama adek gue jadi Ringgit. Jam 4 kurang gue otw ke Terminal Kayuringin, dianter papa gue, buat naik DAMRI ke Bandara Soekarno-Hatta. Sampe terminal jam 4 lewat dikit, dan kebetulan bus DAMRI itu udah mau jalan. Akhirnya gue buru2, si Meita juga udah nungguin di sebelah bus DAMRInya. Untung kita sempet naik yang berangkat jam 4 itu hehe.
Jam 6-an kita udah sampe terminal 2E. Yaudah disitu langsung check in, nitip bagasi, dll. Oke kita kecepetan sampe di bandara. Pesawatnya di jadwal jam 8.30 WIB. Yaudah kita duduk2 aja ga jelas nungguin, sambil ngutak-atik kamera (alias foto-foto wkwk). Ternyata pesawatnya DELAY! Oke gapapa………... Singkat cerita, kita pun masuk pesawat dan BYE JKT!
Di perjalanan, gue dapet tempat di deket jalan, trus sebelah2 gue kosong, si Meita pun dapet tempat duduknya di seberang gue. Akhirnya gue pindah ke deket jendela, dan tidur. Tiba2 bangun udah mau sampe di KL, si Meita juga pindah ke sebelah gue. Pertanyaan dia yang paling gue inget adalah, “Gimana, kesan pertama keluar negri?” WKWKWK sampis.
Trus, yah akhirnya sampe juga di Bandara KLIA2. Kita sebenernya gatau itu harus lewat mana disana, ngikut2in aja orang2 yang SAMA SAMA BINGUNG JUGA. Walau sedikit nyasar dan sotoy, akhirnya bisa keluar dari imigrasi dll itulah wkwk sebelum itu ambil bagasi dan beli simcard dulu di bandara, namanya Tunetalk (Meita doang sih, tapi ternyata ini berguna banget buat selama disana, nyesel ga beli juga). 
Di KLIA2 itu kita menuju loket pembelian tiket bus. Namanya “Kaunter Bas”. Busnya bukan ke KL Sentral ya, tapi ke Melaka Sentral. Nama bas nya Star Mart Express, harganya per orang RM 24.30, seatnya ditentuin disitu jadi ga asal duduk nyari tempat yg penting kosong-_-. Kirain kan berangkatnya masih lama, eh ternyata ½ jam-an lagi. Rencana awalnya kita mau makan di KFC dulu kan, akhirnya bungkus aja wkwk. Pas udah di KFC, kebetulan gue yg disuruh mesen. Gue liat papan menu, kok kayak ada yg aneh ya……EHIYA ternyata paket2 ayam gitu GAPAKE NASI. Nasinya dibeli terpisah gitu, itupun bukan nasi putih, tapi nasi Hainan. Akhirnya beli 2 ayam + 2 nasi Hainan.

(Nasi Hainan + ayam KFC)

Busnya bersih dan luas gitu, jarak antara bangku kita ke bangku didepannya ga sempit, ada colokannya juga. Perjalanannya sekitar 2 jam. Gue udah laper banget sebenernya. Cuman pas di bus ga enak gitu makan disitu wkwk akhirnya pas udah sampe terminal Melaka Sentral barulah cari tempat buat duduk dan makan disitu. Abis selesai makan, kita pesen tiket bus buat ke arah Stadthuys. Ituloh, yang bangunan2 merah itu lah wkwk kayaknya wisatawan kalo ke Melaka pasti kesini lah. Busnya dalemnya kayak APTB/Busway, harganya RM 2.00, namanya Panorama Melaka. Busnya nomor 17, jadi kita tunggu dideket palang no.17.

(Kiri: palang bus no.17 // Kanan: suasana di bus)

Kita turun tepat didepan bangunan merah/Red Square/Stadthuys. Dari situ kita pake GPS buat nyari hotel kita wkwk. Gue demi apapun paling gangerti baca peta. Akhirnya kita nyasar buat nyari hotel, dan pas sekian puluh menit mencari hotel, nemu lah itu wkwk namanya Sayang-Sayang Youth Hostel. TAPI PAS MASUK ADA PERCAKAPAN BEGINI sama pemuda2 yg jaga hotelnya…….. (aslinya ngomong melayu campur inggris, udah di translate ke Indo ini)
Kita: “Udah booking dari Ago*a”
Mereka: “Bisa liat paspor sama vouchernya?”
Kita: *ngasih*
Mereka: *Bingung* “Kayaknya kalian salah hotel. Hotel ini namanya Sayang-Sayang Youth Hostel. Yang ada di voucher ini Sayang-Sayang Youth Hostel 2. Letaknya blablabla…” (mereka sambil ngasih peta trus gambarin arah2nya, baik banget)
ANJIRRRRRRRRR. Ternyata kita harus jalan lagi ke hotel kita yang sebenernya. Capek banget, panas, tepar, dan gue pake HEELS lagi!!! Akhirnya berpuluh-puluh menit kemudian sampelah kita di hotel kita yang sebenernya. Resepsionisnya ga se-baik dan seramah yang tadi -_-
Pas udah dikasih kunci dan kita masuk, JRENGGGG kita langsung ketawa ngakak karena….kamarnya kecil banget. Ga pernah terbayangkan lah wkwk, tapi unik gitu. Ruangan sekecil itu dan penerangannya cuma lampu meja yg ada di lantai ATAS. Loh kok atas? Iya, jadi pas kita masuk tuh langsung ada tangga menuju KASUR, tapi bukan ranjang susun/tingkat ya. Di atas itu di kasih spring bed lagi. Jadi di bawah tangga ada meja, dan disebelah meja ada SOFAnya. AC juga ada dan jadinya dingin banget gara2 gelap dan kecil. Tapi kalo disuruh ke Melaka lagi, gue bakal balik lagi ke hotel ini WKWK iya, soalnya kasurnya nyaman banget ga boong lah dan ACnya juga dingin, konsep kamarnya lucu.

(Kiri atas & bawah: lampunya cuma segitu disebelah kasur // Kanan: di sebelah kasur ada tangga buat ke bawah)

Akhirnya kita istirahat sebentar dan gantian mandi, kamar mandi luar soalnya. Kamar mandinya sih ada banyak tapi pengen gantian aja wkwk, alah bilang aja lu pengen lebih banyak waktu istirahat De!

(Sumber: google.com, untuk peta bisa diambil di tempat kita nginep)


Kita keluar sore jam 6. Sore disini waktunya lebih panjang ya, jam 7 aja masih terang. Baru bener2 gelap jam 19.30 keatas lah. Kita foto-foto di jalan-jalan gitu wkwk. Menyusuri Malacca River, jalan Hang Tuah, Hang Jebat, Hang Kasturi dll, Hard Rock, Red Square. Kesan terhadap Malaka ini, kok sepi ya? Daerah wisatanya emang rame tapi diluar itu gue berasa kayak abis jalan di sebuah pertokoan yang ditinggal pemiliknya merantau ke Kuala Lumpur. Iya, banyak toko yang udah tutup gitu. Kalopun buka tuh kayak toko lama, ga berasa tahun 2017 lah, berasa di China tahun 70an (lah emang taun 70 lo udah lahir? Emang pernah ke Cina juga?). Motor dan mobil yang penduduknya pake juga udah tua gitu. Bener2 kayak dibawa ke taun 70an dah…. tapi karena sepi itu jalanannya jadi teratur ya. Dan yang bikin gue merasa kalo kota ini bener2 tua, penduduk aslinya tua tua! Macem engkong2 sama encik2 gitu. Gue sempet mikir ini anak2 muda nya pada kemana ya…. Merantau ke KL kali (?)

(Atas & tengah: suasana Melaka yang sepi // Bawah: view depan hostel kita)

Abis itu kita nemu semacam “Little India”nya Melaka. Disitu kita asal nyari restoran India, udah laper soalnya wkwk. Masuklah kita ke BOSS CURRY HOUSE. Awal masuk sebenernya kayak malu gitu wkwk kayak “Lo duluan deh” “Ah lo duluan aja” “Elo ajaaa” gitu terus aja sampe akhirnya masuk. Bener aja, pas masuk kita DILIATIN satu restoran! Jrenggg. Kita satu-satunya tamu yang bukan orang India :”))))))
Akhirnya kita duduk aja di kursi yg kosong (iyalah masa di kursi yg ada orang indianya?) berharap disamperin pelayannya:) Masalah lagi, pelayannya yang pertama ngomong nya bahasa india :))) kan ga ngerti ya…..Akhirnya ganti sama pelayan yang sedikit bisa bahasa inggris. Akhirnya ya kita juga pesennya nunjuk2 aja, si Meita sambil nanya ini apa, itu apa gitu. gue males nanya (bilang aja males ngomong bhs inggris)akhirnya pesen yg pasti2 aja: Nasi lemak, Roti Cane sama Teh Tarik. Si Meita pesen nasi goreng sama minuman yang entah apa namanya aneh. Pas dateng, jrengggg. Ternyata banyak juga yg gue pesen wkwk padahal harga nasi lemaknya itu cuma sekitar RM 1,sekian lah tapi gue puas gitu :)))) Es teh tariknya juga enak wkwk, dan roti canenya juga enak dan lebih lebih ada kuah karinya jadi kayak sebagai tambahan buat nasi lemak gue. Si Meita minumannya kayak teh tarik gitu tapi disajiinnya kayak kobokan bertingkat:”))) Ada pelayan yg lucu gitu wkwk gabisa bahasa inggris atau melayu terus dia kayak jadi malu2 ngomong sama kita wkwk dan gak mau ngelayanin kita.

(dari kiri atas muter searah jarum jam: semacam teh tarik kayak kobokan bertingkat // pelayan india yg lucu yg pake baju item, liat aja isinya org india semua // cane dan es teh tarik yang gue pesen // cane, es teh tarik, dan nasi lemak yang gue pesen)

Abis itu kita ke Jonker Street, disana kayak pasar malem gitulah banyak jual makanan, pernak pernik, baju, sepatu, segala macem.

(atas: Hardrock Cafe tepat di tepi Sungai Melaka // bawah: depan Jonkerwalk)

Gue nyoba beli Coconut Shake. ENAK. 
(atas: suasana di Jonker // kiri bawah: Coconut Shake // kanan bawah: kelapa yang Meita pesen)

Abis itu ke HnM. Abis itu ke Jonker Street lagi, menelusuri, foto2, si Meita beli oleh2. Jonker itu kayak Chinatownnya Melaka. Dan ditambah lagi itu 2 minggu sebelum imlek jadi gue berasa ke China beneran lah. Ada juga suatu tempat yang disana engkong2 China lagi karaokean. Kita ga lama-lama juga jalan2nya. Sampe di hotel sekitar jam 22.30 an lah. Soalnya mau tidur cepet biar besok pagi bangunnya ga kesiangan wkwk. Bye! Sampe jumpa besok pagi!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar