Lebih dari sekedar destinasi

Sabtu, 27 Oktober 2018

Banyuwangi Jadi Lebih Wangi

Jumat, 15 Desember 2017

Malam ini akhirnya kita berangkat! YEAAAY. Setelah selama ini wacana, ngajak-ngajak yang lain, drama-drama, berantem, nabung dan jogging di Rampal, akhirnya hari ini tiba juga. Tapi di hari H ini, paginya gue masih packing, nyari-nyari senter ke kosan Risma sekalian nganter rok Rambu ke dia, nyari bando Natal ke Visi, MCP, Dioma, temenin si JK makan di Mie Pangsit Dempo (gue juga makan sih), trus nerobos ujan dan banjir dari Dempo ke kosannya JK.


Sebelum sampe di Arjosari, kita makan dulu di Bebek Bakar depan MCD Watugong. Hehehe. Udah bawa tas-tas gede sama pake jaket tuh. Trus sampe di Arjosari, kita titip motor di tempat parkir depan Arjosari. Barulah sekitar jam 21.00 kita otw Surabaya, iya ke Banyuwanginya naik kereta Probowangi via Stasiun Waru, jam 04.45 besok pagi. Harga tiket sekali jalan per orangnya Rp 56.000,-. Nah, tadinya setelah sampe di Bungur (Bungurasih, nama terminal di depan Stasiun Waru), gue mau ke tempatnya Bita, numpang nginep. Gue udah chat Bita dari pas masuk bus. Dan Mangara juga rencananya nginep di tempat abangnya. Tapi dia takut ga kebangun kan, akhirnya KITA NGINEP DI TERMINAL BUNGURASIH. Kita tidur di lantai, hahahaha. Sumpah. Gue  ga nyangka kita bakal begini. Lumayan lah ada pengalaman baru. 




Sabtu, 16 Desember 2017


Sekitar jam 3 pagi kita jalan kaki dari Bungur ke Stasiun Waru. Trus pas udah di depan Stasiun Waru, ternyata masih tutup. Akhirnya kita nunggu di Alfamart. Belanjanya giliran nih, gue duluan yang belanja, dan dia duduk. Gue cuma beli aqua botol 600 mL sama chiki gitu.


Jam 4.45, kereta kita berangkat. Selama di jalan, biasa aja sih, dan sebelah kita satu keluarga gitu. Trus di akhir perjalanan, gue ditawarin permen Alpenlibel coba. Awalnya gue nolak, tapi ibu itu maksa. Yaudah awalnya gue ambil 2-3 aja kan, taunya 1 bungkus langsung dikasih ke gue! Wkwkwk dalam hati gue seneng sih. Trus pas udah turun di Stasiun Karangasem, Mangara bilang dia liat kejadian tadi itu, dan dia ketawa dalam hati. 


Nah, sampai di Stasiun Karangasem-Banyuwangi, kita bingung mau ngapain dulu. Itu sekitar jam 12 siang. Yaudah, gue bilang aja kita harus cari tempat rental mobil yang bisa lepas kunci. Tapi gatau dimana. Akhirnya dia tanya ke Satpam. Dan satpam itu ngalihin kita ke mas-mas di pos masuk stasiun. Namanya Mas Agus. Sejak ketemu Mas Agus, kita ngerombak semua yang udah kita siapin! 
Awalnya Mas Agus bilang di Banyuwangi ini udah jarang banget ada rental mobil yang bisa lepas kunci, soalnya banyak mobil yang suka dibawa kabur dan hilang. Akhirnya kalo mau rental, harus sama supirnya. Ya kita males dong, udah lebih mahal, harus kasih tip dan makan juga kan ke supirnya. Kita jadi bingung. Tiba-tiba Mas Agus tanya,
“Emang kalian di Banyuwangi mau kemana aja?”
"Ya mau ke Ijen doang sih mas, palingan sama beberapa tempat wisata yang deket-deket aja" jawab kita.
Trus Mas Agus langsung bilang, “Lah, kalo ke Ijen doang sih mending pake tour aja! Nih, saya yang punya tournya. Harganya 175 ribu per orang”
WOW. Murah banget sih gue rasa! Soalnya di instagram gak ada yang semurah ini, biasanya 250 ribu keatas. Dan, inilah daftar kalimat dari Mas Agus yang membuat hidup kita di Banyuwangi jadi lebih wangi..
“Udah, fix ya pake tour ini. Nanti dijemputnya disini kok
“Lho kalian udah booking hotel? Dimana?”
“Lah, itu batalin aja bookingan hotelnya mbak. Belom bayar ini kan, lagian itu jauh hotelnya, deket stasiun Banyuwangi Baru”
”Iniloh kita juga ada penginapan, di situ tuh, keliatan kan. Per malem 100 ribu”
“Mbak juga mau ambil kamera? Dimana?”
“Wah, kalo ambil kameranya disitu jauh mbak, ini saya punya temen yang bisa sewa kamera juga. Bilang aja tau dari Mas Agus, nanti dikasih harga murah deh"
“Nanti kalian ke tempat sewa kamera temen saya itu pake motor saya aja, gausah bayar
FIX, MAS AGUS PENYELAMAT KITA!


Kitapun jadi pake tour ijen Mas Agus yang super murah itu, tournya udah termasuk transportasi mobil PP, tiket masuk wisata, masker asap, air mineral, local guide, sama bonus mengunjungi waterfall apa gitu. Kita juga jadi nginep di tempatnya Mas Agus yang walaupun harganya 100 ribu tapi udah pake AC dan kamar mandi dalam. Kita juga batalin bookingan hotel dan kamera kita sebelumnya (padahal udah bayar DP via pulsa telkomsel), dan abis taro-taro barang, makan, mandi, kita langsung dipinjemin motornya Mas Agus buat ke tempat temennya yang sewain kamera itu. Kita makannya masih di area stasiun Karangasem itu kok. Disitu ada bule. Kita berspekulasi bahwa bule-bule itulah yang nantinya akan satu rombongan sama kita ke Ijen, soalnya kata Mas Agus di rombongan kita ada bule. Ohiya, motornya Mas Agus itu motor yang dimodif gitu. Ga ada spion sama sekali, ga ada plat depan maupun belakang, motornya warna pink, suaranya kayak motor racing “dretdretdrettterrereereret”. Hahahaha. Gue gak nyangka selucu itu naik motor.
Eh, pas kita baru 500 meter naik motor, kita balik lagi, soalnya ujan. Trus sama Mas Agus tiba-tiba dipinjemin jas ujan coba! Sumpah kurang baik apa Mas Agus itu. Karena kita gaenak, yaudah terobos ujan aja pake jas ujan itu. Walau bagi gue ga ada efeknya sih, kan gue duduk dibelakang. Dan saking dodolnya kita, Mas Agus sampe gambarin peta menuju ke tempat kamera itu. Sebenernya deket sih, tapi emang kitanya aja yang gatau jalan, akhirnya ngandelin maps di hp. Sebelum sampe situ, kita berteduh dulu di pom bensin. Iyalah, ujan. Ngambil kameranya juga gimana nanti, kan basah. Di pom bensin cukup lama sih. Kita ngobrolin hal-hal yang ga penting sambil ngeliatin mobil-mobil yang lagi isi bensin.
Begitu udah agak reda, barulah kita cari rumahnya. Di Villa Bukit Mas. Setelah nyasar-nyasar, akhirnya ketemu. Nama pemiliknya itu Mas Abdul Rohim. Awalnya biasa aja sih, kenalan gitu, ngomongin kamera. Trus lama-lama jadi bahas hal lain, misalnya, gue lupa siapa yang ungkit, tapi kayaknya Mangara sih, nanya tentang kawah ijen, trus belerangnya. Mas Abdul nanya, “Kamu tau ga bedanya isi kawah ijen sama blablabla?” trus ya kita jawab gatau kan, akhirnya Mas Abdul jelasin. Mas Abdul juga ceritain tentang wisata deket kawah ijen yang bagus gitu, bentuknya kayak bulan sabit. Trus dia juga ngasih kartu nama, tapi gue bingung. Kok tulisannya rental outdoor sama bimbel. Ga nyambung gitu loh. Gue tanya aja, “Loh, mas, ini kok rental outdoor sama bimbel?” dan dia jelasin, dia juga ngajar bimbel, dan ternyata, DIA GURU IPA DI SALAH SATU SMP FAVORIT DI BANYUWANGI. ANJER WKWKWK! Pantesan tadi dia bisa jelasin kawah-kawah itu. Orang guru IPA. Trus di kartu namanya juga gue baru ngeh, ternyata dia gelarnya S. Pd. 
Maaf handphone gue lagi rusak jadi kameranya jelek. 
Ini nomor telepon Mas Abdul, bisa lewat Whatsapp juga : 085236183195
Instagram: @oryzaes

Dia juga cerita kalo Mas Agus orangnya emang baik banget, tetapi saking baiknya, orang-orang banyak yang bego-begoin dia. Sampe maghrib lebih lah kita disitu.
Di akhir, Mas Abdul motretin kita, buat dokumentasi katanya. Gue mikirnya sih kalo sampe kita bawa kabur itu kamera, foto kita bisa disebar di internet wkwkwk. Lah ini di sebar.


Oh iya, kita pinjem kamera dibonusin tripod loh. Kita juga sempet nanya rekomendasi kuliner enak di sekitar sini. Akhirnya Mas Abdul sebutin beberapa, dan yang terdekat itu ada tempat makan namanya Lesehan Balqis. Begitu keluar komplek Villa Bukit Mas ini, belok kanan, lurus dikit, sampe deh. Akhirnya malem itu kita makan disitu. 



Gue pesen lele pedas (semacam lele yang dikasih kuah bumbu gitu dan pake tahu tempe), dia pesen pecel rawon. DAN TERNYATA ENAK BANGET, MURAH, BANYAK LAGI. Itu lele ujung-ujungnya bagi dua sama dia bahkan. Tahunya juga enak. Harga lele pedas + nasi cuma Rp 13.000,-, sedangkan pecel rawon Rp 12.000,-. Parah sih. Pemiliknya juga baik banget, sopan lagi. Disitu kita berkesimpulan, orang Banyuwangi baik-baik banget sih. Abis itu kita balik. Pas parkir di dalem, ibu mertuanya Mas Agus datengin kita, kirain mau nitip motor kan, dia udah ngeluarin karcis gitu. Eh trus kita bilang ini motornya mas Agus, dan ibu itu juga baru ngeh, "Ohiya ya hahaha". Lalu kita masuk kamar, nyoba-nyoba ngeoperasiin kamera beserta tripodnya.



Setelah itu kita tidur, sambil nunggu jam 12 dibangunin Mas Agus. Itu kira-kira baru sekitar jam 7-8 an lah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar